BELAJAR DAN BERKARYA

GENPENUS adalah Salah satu organisasi masyarakat berbadan hukum perkumpulan, yang berfungsi sebagai wadah kegiatan sosial dan memfokuskan diri dalam aktivitas belajar, berkarya di berbagai bidang kegiatan – kegiatan sosial yang bertujuan untuk kepentingan bersama, masyarakat, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

MAKSUD GENPENUS

Organisasi Generasi Penerus Sosial atau disingkat GENPENUS Didirikan dengan maksud untuk menghimpun potensi para generasi muda yang memiliki jiwa dan semangat kebangsaan serta dedikasi yang tinggi untuk memenuhi tanggungjawab dalam memelihara dan mengisi cita cita proklamasi kemerdekaan Negara Republik Indonesia untuk menuju masa depan yang lebih baik khususnya dalam bidang Kesejahteraan Sosial, ekonomi, Pendidikan, Lingkungan dan Media Cyber, serta aktivitas lainnya yang bermanfaat untuk kepentingan bersama, masyarakat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

TUJUAN GENPENUS

Organisasi GENPENUS didirikan dengan memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Mejalankan Aktivitas dalam Bidang PERS, Media elektronik / media Cyber.
  2. Melakukan Berbagai Bentuk Kegiatan Usaha Masyarakat di berbagai Bidang.
  3. Melakukan Bentuk Kegiatan Usaha Ekonomi Kerakyatan dan UMKM.
  4. Melakukan Pendidikan dan Pelatihan bagi masyarakat yang kurang berpengalaman dan keterampilan.
  5. Membantu Pemerintah / Swasta / masyarakat dan turut berperan serta dalam upaya upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat adat dan masyarakat umum, melakukan advokasi / pendampingan dalam berbagai bidang sosial demi terciptanya keadilan sosial Bagi seluruh Rakyat Indonesia.
  6. Mendorong Masyarakat Agar Mendapatkan kebutuhan yang mampu di bidang usaha rumahan.
  7. Terciptanya kesejahteraan sosial bagi seluruh Anggota organisasi pada khususnya dan Rakyat Indonesia Pada umumnya.

AKTIVITAS

Untuk mencapai Maksud dan Tujuan tersebut di atas, Organisasi Lembaga GENPENUS menjalankan kegiatan / Aktivitas sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan Kegiatan Badan usaha Perusahaan pers, sebagai kantor pusat Pengelolaan Informasi, kantor pusat Berita Nasional yang dapat mencari Sumber Informasi, menerima dan menyiarkan Informasi , serta menyalurkan informasi dalam berbagai bidang melalui Media elektronik / media siber.
  2. Pembinaan Usaha Mandiri bagi generasi muda.
  3. Pembinaan dan Penyelenggaraan Badan Usaha / Lembaga Keuangan Mikro, Ekonomi Kerakyatan.
  4. Pembinaan Usaha Kecil dan Menengah ( UMKM ) bagi masyarakat umum.
  5. Menyelenggarakan Pusat Pendidikan dan Pelatihan keterampilan Bagi Para Pemuda dan Masyarakat.
  6. Memberikan Bantuan Sosial Untuk umum, Jompo atau LANSIA, dan Anak anak Yatim Piatu, serta Anak Jalanan.
  7. Menyelenggarakan Pusat Pelayanan Kesejahteraan Sosial Untuk Masyarakat.
  8. Menyampaikan potensi masyarakat dan menyalurkan aspirasi masyarakat kepada pihak pihak yang terkait, serta meningkatkan peran serta masyarakat dengan melakukan pendampingan / advokasi dalam berbagai bidang yang meliputi peran pelaksana, Peran pembinaan, Peran pengawasan dan kontrol sosial terhadap masyarakat dan kebijakan kebijakan public yang dilaksanakan secara kritis, konstruktif, konsepsional terhadap para pelaksana pembangunan ( pemerintah, Perusahaan – Perusahaan dalam negeri dan pihak pihak swasta lainnya ).

 

LANDASAN

  1. Landasan Idiologi : Pancasila.
  2. Landasan Konstitusional : Undang – undang Dasar 1945.

JATI DIRI

Jati diri Generasi Penerus sosial ( GENPENUS ) adalah Nasionalisme Pancasila, yang mengedepankan Keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia, dan tanpa meninggalkan ketuhanan yang maha esa.

SIFAT

Organisasi GENPENUS Bersifat sebagai organisasi masyarakat yang Mandiri, Independent dan terbuka, dengan mengutamakan kepentingan Masyarakat daripada kepentingan Pribadi atau golongan.

SIKAP

 Organisasi Generasi Penerus Sosial ( GENPENUS ) bersikap Mandiri, Kreatif, dan Pro aktif.

VISI GENPENUS

” Belajar dan Berkarya untuk kepentingan Bersama, Masyarakat, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia “.

MISI GENPENUS

 Menjadi Salah satu organisasi yang kreatif, Inovatif, dan Profesionalisme dalam mendorong, mendampingi dan atau membangun kemandirian masyarakat, khususnya masyarakat menengah kebawah dan berazaskan pada pancasila serta Undang Undang Dasar 1945. dengan Prinsip prinsip keterbukaan, kesetiakawanan, dan keadilan sosial “.