KEDUDUKAN, FUNGSI, KEWAJIBAN, HAK DAN WEWENANG PENGURUS PUSAT

Dewan Pengurus Pusat

  1. Dewan Pengurus Pusat GENPENUS, selanjutnya disingkat DPP GENPENUS, adalah pemegang dan penyelenggara kepengurusan tertinggi organisasi GENPENUS, bersifat kolektif, dipilih dan ditetapkan oleh, serta bertanggungjawab kepada MUNAS GENPENUS.
  2. Kedudukan Dewan Pengurus Pusat adalah ditempatkan dimana GENPENUS ini didirikan untuk pertamakalinya.
  3. Fungsi Dewan Pengurus Pusat adalah Sebagai pelaksana koordinator aktivitas organisasi secara nasional yang sesuai dengan maksud dan tujuan organisasi, visi misi organisasi, berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Organisasi.
  4. Dewan Pengurus Pusat GENPENUS, selanjutnya disebut DPP, yang terdiri dari Ketua Umum, Para Wakil Ketua Umum, Sekretaris Jenderal, Para Wakil Sekretaris, Bendahara Umum dan Para Wakil Bendahara, kepala Divisi Intelijen dan Para wakilnya, Kepada Divisi Investigasi dan para wakilnya, Kepala divisi Kesejahteraan Sosial, Kepala divisi Pendidikan, Kepala Divisi Ekonomi Kerakyatan, Kepala Divisi Media Cyber, Kepala Divisi Advokasi/Pendamping public merupakan pelaksana Kepengurusan sehari-hari, dengan tugas, wewenang dan tanggungjawab sebagai berikut :
    • Memimpin pelaksanaan tugas, wewenang dan tanggungjawab sehari-hari.
    • Mengatur pelaksanaan Keputusan DPP.
    • Melaksanakan tugas dan kewajiban lainnya yang ditetapkan oleh musyawarah DPP GENPENUS.

DPP GENPENUS berkewajiban :

  1. Menyelenggarakan kepengurusan organisasi sesuai dengan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, Keputusan Musyawarah Nasional, Keputusan Rapat Kerja Nasional, Peraturan Organisasi serta pengarahan Dewan Penasehat Organisasi.
  2. Menyampaikan laporan serta pengawasan terhadap kepengurusan organisasi kepada Rapat Kerja Nasional.
  3. Melakukan pembinaan serta pengawasan terhadap kepengurusan organisasi Pada berbagai Tingkatan.
  4. Memberikan Laporan Pertanggungjawaban kepada Musyawarah Nasional.

DPP GENPENUS mempunyai tugas, wewenang dan Tanggungjawab:

  1. Menentukan kebijaksanaan organisasi sebagai pelaksana Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, Keputusan Musyawarah Nasional, Keputusan Rapat Kerja Nasional, Peraturan Organisasi serta Pengarahan Dewan Penasehat dan Pengawas Organisasi,
  2. Menetapkan Peraturan Organisasi sebagai pelaksanaan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga,
  3. Menetapkan kebijaksanaan pelaksanaan Program Kerja Nasional dan menetapkan Program Kerja Tahunan.
  4. Menetapkan pembentukan organisasi GENPENUS DI Tingkat Provinsi ( DPTP ), Tingkat Kabupaten Kota ( DPTKK ), Tingkat Kecamatan ( DPTKC ) serta membentuk atau mengesahkan susunan Kepengurusan masing masing tingkat pengurus.
  5. Mengesahkan DPTP, DPTKK dan DPTKC GENPENUS sesuai hasil pemilihan dan penetapan MUSYAWARAH
  6. Atas usul atau permintaan DPTP, DPTKK dan DPTKC GENPENUS, memberikan persetujuan atas pembentukan Koordinator Wilayah.
  7. Membekukan organisasi GENPENUS tingkat Wilayah atau Daerah apabila Anggota yang ada kurang dari (5) lima. Untuk sementara waktu sebelum terbentuknya DPTP/DPTKK GENPENUS yang definitive, maka pengelolaan anggotanya dilimpahkan kepada DPTP, DPTKK GENPENUS yang terdekat.
  8. Atas permintaan 2/3 dari jumlah Anggota tingkat Daerah yang aktif melaksanakan kewajibannya selaku Anggota, membekukan DPTP, DPTKK GENPENUS seraya mengangkat Caretaker DPTP, DPTKK GENPENUS, dengan ketentuan dalam jangka waktu selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan,
  9. Pelaksana DPTP, DPTKK GENPENUS tersebut harus menyelenggarakan MUSYAWARAH untuk memilih dan menetapkan DPTP, DPTKK GENPENUS definitif.
  10. Membekukan DPTP, DPTKK , DPTKC GENPENUS yang dalam tindakannya telah dan dapat dianggap melanggar AD /ART, Peraturan Organisasi maupun menentang kebijakan DPP GENPENUS.
  11. Menerima laporan keadaan dan perkembangan organisasi dari DPTP, DPTKK , DPTKC GENPENUS,
  12. Menetapkan susunan Dewan Penasehat dan Pengwas DPP GENPENUS.
  13. Memfasilitasi penyelenggaraan rapat-rapat Dewan pengawas, penasehat dan pengurus Organisasi Tingkat Pusat.
  14. Meminta pertimbangan, saran dan nasehat dari Dewan Penasehat Organisasi DPP GENPENUS.
  15. Memberhentikan seseorang dari jabatan kepengurusan di DPTP, DPTKK , DPTKC, maupun korwil GENPENUS, baik atas permohonan sendiri maupun karena alasan-alasan yang diatur dalam Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan Peraturan Organisasi GENPENUS.
  16. Menetapkan pengisian lowongan antar waktu jabatan Kepengurusan di DPP GENPENUS kecuali pengisian lowongan antar waktu jabatan Ketua Umum DPP GENPENUS,
  17. Mengesahkan pengisian lowongan antar waktu jabatan Kepengurusan di DPTP, DPTKK , DPTKC GENPENUS, berdasarkan usulan dari DPTP, DPTKK , DPTKC GENPENUS yang bersangkutan, kecuali Ketua DPTP, DPTKK , DPTKC GENPENUS.
  18. Mengesahkan dan atau menetapkan pemberhentian keanggotaan GENPENUS.
  19. Membentuk Badan, Lembaga, Panitia Kerja dan atau alat kelengkapan organisasi lainnya yang dianggap perlu.
  20. Melaksanakan tugas, kewenangan dan tanggungjawab lainnya yang ditentukan dalam Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, Keputusan Musyawarah Nasional dan Peraturan Organisasi.

Kabar dan Informasi terbaik

Berikan Nilai
Total Nilai 0/0

Tinggalkan Balasan

Nilai :

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *